Minggu, 04 Agustus 2024

Cara Membatalkan Tiket Kereta Api Online dan Refund di KAI Acces

 

Sebenarnya saya masih sedikit sedih karena harus membatalkan tiket yang sengaja saya pesan jauh-jauh hari. Teman-teman pasti juga sudah tau, kalau kita tidak akan bisa mendapatkan harga murah jika mesan mendadak. Dan, bagi pekerja yang hanya bisa liburan saat libur panjang atau tanggal merah tentu juga kesulitan dapat tiket murah karena pada hari libur biasanya orang-orang juga rebutan tiket.  Jadi ceritanya, saya berhasil mendapatkan tiket Yogyakarta-Jakarta dengan harga 76rb saja, dan langsung saya pesan tiket PP agar tidak kehabisan. Tapi karena suatu alasan, saya harus membatalkan tiket tersebut dan yaaa endingnya gagal holiday di Ancol. Hik Hik.

Tapi ga masalah ya, saya coba ambil hikmahnya aja karena dengan begitu saya bisa membuat artikel ini untuk membantu teman-teman yang juga ingin melakukan pembatalan tiket kereta Api. Lagian menurut saya alasan membatalkan ini lebih penting dan saya masih bisa memesan tiket lagi kapan ada kesempatan. Jadi cara membatalkan tiket kereta online ini adalah khusus bagi teman-teman yang ingin membatalkan tiket yang dibeli secara online di aplikasi KAI Access.

Oh iya, ngomong-ngomong, bagi traveller yang belum punya aplikasi KAI Access ada baiknya segera download di Google Play karena sepengalaman saya, memesan tiket di KAI Acces sangat gampang dan lengkap, tidak hanya kereta Api antar kota melainkan juga kereta Api lokal dan KRL. Dulu sekali kalau saya tidak salah ingat, pembayaran tiket kereta sangat terbatas, tapi sekarang metode pembayarannya sudah komplit lho jadi ga perlu bingung gimana cara bayarnya.

Mungkin ada diantara teman-teman yang berpikir pembatalan tiket kereta Api pasti ribet, terutama refund dananya. Saya juga awalnya berpikir begitu karena pernah pengalaman batal tiket pesawat yang sampai berbulan-bulan baru cair. Tapi setelah dicoba ternyata ga sesulit yang dibayangkan lho. Step by stepnya sangat gampang dan refund dananya juga tidak sampai 15 hari. Saya mengajukan pembatalan tanggal 18 July 2024 dan dananya langsung cair masuk rek tanggal 25 July 2024. Wah, puas banget sih dengan pelayanannya yang menurut saya cukup cepat. Dari pada penasaran, berikut cara gampang membatalkan tiket kereta Api secara online di KAI Access

Silahkan klik menu Tiket Saya dan pilih tiket yang ingin kita batalkan. Di bagian bawah Detail tiket, ada menu Kelola Pesanan Anda, silahkan klik saja menu tersebut. Akan keluar menu kelola tiket. Kita dikasih pilihan Ubah Jadwal, Pembatalan, dan Transfer Tiket. Langsung saja pilih Pembatalan.

   


Di laman Pembatalan tiket, kita pilih nama penumpang yang ingin dibatalkan. Karena saya hanya hanya sendiri, maka saya akan langsung klik nama saya yang muncul. Tapi kalau dalam satu tiket ada beberapa orang penumpang, maka kita bisa centang semua penumpang atau hanya beberapa penumpang saja yang ingin dibatalkan. Klik batalkan perjalanan.

Setelah itu akan keluar detail pengembalian dana. Disini kita bisa melihat berapa biaya pembatalan dan uang yang akan direfund kembali ke rek kita. Klik batalkan perjalanan.

Halaman berikutnya akan muncul detail pengembalian dana. Ada dua opsi pengembalian dana, yaitu lewat rekening bank dan lewat e-wallet. Karena saya ingin refund lewat bank, maka saya akan klik rekening bank.


Masukkan nama bank penerima serta nomor rekening. Klik verifikasi dibagian samping menu nomor rekening, dan jika nomor rekening sesuai maka akan otomatis muncul nama pemilik rekening tersebut. Centang syarat dan ketentuan, lalu batalkan perjalanan

Disini akan keluar ringkasan perjalanan, informasi pembatalan penumpang, pemilik rekening, serta detail pengembalian dana. Langsung next saja. Lalu akan muncul “Refund tiket dalam proses”.


Nah, kita telah berhasil membatalkan pemesanan tiket. KAI juga akan mengirim informasi pembatalan ini ke alamat email kita. Perlu diketahui bahwa layanan pembatalan tiket kereta Api maupun mengubah jadwal tiket kereta hanya tersedia hingga 2 jam sebelum keberangkatan. Jadi jika lewat dari jam tersebut pembatalan tidak bisa dilakukan. Selain itu,  refund dana tidak full 100% melainkan dipotong biaya pembatalan sebesar 25%. Pengalaman saya sendiri, dari harga tiket 74rb uang yang direfund ke rekening adalah sebesar 50rb jadi saya kena biaya pembatalan sebesar 19rb.

Jadi dari sini teman-teman juga bisa mempertimbangkan apakah jadi membatalkan tiket atau tidak. Kalau di kasus saya tidak begitu banyak potongannya karena harga tiketnya pun murah. Tapi kalau misalnya teman-teman beli tiket harga jutaan pasti potongannya lumayan besar. Apapun itu, saya berharap semoga artikel cara membatalkan tiket kereta Api lewat KAI Access ini bisa membantu. Selamat mencoba.   




EmoticonEmoticon