Rabu, 31 Juli 2024

Rekomendasi Handphone Murah Dibawah 1,2 Juta

 

Berawal dari salah satu teman yang bertanya apa HP murah untuk ibunya. Dia cari hp murah karena hanya butuh fitur telpon dan video call. Maklum ya, emak-emak biasanya hanya membutuhkan fitur ini untuk tetap terhubung dengan anak-anak mereka atau sekedar acara pengajian di Youtube. Waktu itu saya sarankan menggunakan Redmi dari Xiaomi karena ada seri Redmi yang harganya hanya 1,1 jt saja dan perangkatnya lumayan awet. Saya menyarankan merk ini karena saya sendiri pernah menggunakannya karena low budget.

Sebenarnya ada banyak jenis smartphone murah lain tapi memiliki sebagian besar fitur yang ada di smartphone mahal. Nah, bagi teman-teman yang kebetulan datang ke artikel ini untuk mencari referensi smartphone murah atau hp murah dibawah 1,2 juta juga, maka kalian berada di tempat yang tepat. Saya akan memberikan beberapa rekomendasi handphone murah dari brand ternama abad ini yang bisa dijadikan referensi.    

1. Redmi A3, Layar Mulus 90Hz (Harga 1,199 juta)


Pada Februari 2024 silam, Xiaomi kembali menghadirkan smartphone terbaru di Indonesia mereka yaitu Redmi A3. Ini adalah penerus dari Redmi A2 yang dirilis tahun 2023 silam. Saya pernah menggunakan Redmi 9A hanya saja harga diatas 1,2 sehingga tidak masuk kualifikasi untuk artikel ini. Tapi teman-teman yang penasaran tidak ada salahnya untuk melirik seri ini juga. Jadi, sekarang kita lagi berbicara tentang Redmi 3A yang memiliki harga paling murah diantara seri A lainnya, yaitu 1,199rb saja. Apa saja yang kita dapatkan dengan harga segini?

Redmi 3A memiliki desain tipis dan menawan dengan deco kamera besar di bagian tengah. Ini menjadi salah satu ciri khas Redmi 3A dibanding pendahulunya yang menggunakan modul persegi yang ukurannya bisa dibilang kecil. Tidak hanya deco kamera yang unik, penutup belakang kaca dan tekstur matte dengan sentuhan halus menjadikan smartphone ini terlihat lebih premium. Layar dot drop 6,71”serta resolusi HD  dan refresh rate 90 Hz menghasilkan pengalaman lebih mulus dan cocok banget untuk menonton film atau bermain game. Belum lagi varian warna Midnight Black, Lake Blue, dan Olive Green yang menimbulkan kesan premium.

Dengan harga 1,1 juta kita mendapatkan smartphone dengan chipset mediaTek Helio G36 dan prosesor octa-core  yang tangguh dan peforma seimbang. Penyimpanan 4GB/128GB dimana RAM dapat diperluas hingga 1TB. Keberadaan batrai 5.000 mAh yang tahan lama dengan waktu siaga hingga 26 hari. Wah, bagi yang butuh hp murah wajib banget nih mempertimbangkan Redmi 3A.

Dapatkan Harga Murah di  Shopee


2. Vivo Y02 (3/32GB) Dynamic Design (Harga 1,199jt)


Memiliki harga yang persis sama dengan Redmi A3, kita juga bisa mempertimbangkan salah satu produk terbaru dari Vivo yaitu Vivo Y02. Sesuai slogannya, Vivo Y02 hadir dengan desain dinamik dengan body tipis 2,5D flat frame. Dibuat inovatif dengan 2 bahan yang berbeda dan melalui proses crystalline matte dan nano spray coating terbaru, ponsel terlindungi dari goresan, bebas sidik jari, dan warnanya tetap cerah meski pemakaian lama. Terdapat dua warna keren yaitu Orchid Blue dengan kesan kesegaran dan keanggunan serta kilau mewah dari Cosmic Grey.

Peforma andal dari octa –core processor dan penyimpanan memadai sebesar 3GB/32GB. Tapi jika mencoba membandingkan, untuk penyimpanan Redmi A3 lebih menang karena dengan harga yang sama, Redmi A3 memberikan penyimpanan 4GB/128GB. Hanya saja, kembali lagi ke diri masing-masing lebih tertarik yang mana. Setiap smartphone tentu memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Kelebihan dari Vivo Y02 ini adalah fitur triple card slot, jadi kita bisa menambahkan memori hingga 1TB. 5MP High definition front camera cukup bisa diandalkan untuk selfie. Selain itu, kamera belakang Y02 juga mendukung berbagai fitur favorit, termasuk face beauty dan time-lapse agar gambar lebih berkualitas.

Dapatkan Harga Murah di  Shopee


3. Realme Note 50 Ultra Slim Body (Harga 1,1juta)


Masih diharga yang sama, kita punya Realme Note 50 untuk dijadikan referensi handphone murah berikutnya. Smartphone ini masih tergolong baru karena dirilis bulan Februari tahun ini, jadi spesifikasinya pasti juga sudah up to date ga kalah dengan smartphone murah lainnya. Dari segi design, mungkin ada beberapa orang terkecoh karena susunan kameranya mirip dengan iPhone 14 Pro. Ketiga cincin tersebut adalah 2 kamera belakang dan satu lampu kilat LED untuk pencahayaan tambahan. Kamera utama 13 MP sementara kamera sekunder beresolusi QVGA. Untuk selfie dan panggilan video, terdapat kamera 5 megapiksel di bagian depan.

Realme Note 50 juga memiliki fitur mini capsul yang mirip dengan dynamic island pada iPhone 14 series. Bagi yang belum tau, fitur ini adalah fitur yang memudahkan kita mengakses informasi dengan lebih lancar seperti status batrai, penggunaan data, dan langkah harian.

Realme Note 50 ditenagai oleh 8 Core-Chipset yang berfrekuensi 1,8 Ghz. Mengusung layar IPS LCD 6,74 inci beresolusi HD plus dan refresh rate 90 Hz sehingga memberikan pengalaman yang bersih dan lancar. Ruang penyimpanan berkapasitas 3GB/64GB hingga 4GB/128GB, namun kita bisa mempebesar ruang penyimpanan hingga 2TB dengan menambahkan microSD.

Jadi teman-teman bisa memilih sendiri ruang penyimpanan sesuai kebutuhan masing-masing. Hanya saja, semakin besar RAM maka harganya juga pasti lebih mahal. Harga 1.199rb adalah harga untuk RAM 3GB/64GB. Sementara RAM 4GB/64GB dijual seharga 1.299rb dan 4GB/128GB harganya adalah1.499rb. Kita bisa mendapatkan semua variasi penyimpanan ini langsung di Realme Official Store via Shopee.

Dapatkan Harga Murah di  Shopee


4. Infinix Smart 8 90 Hz Magic Ring Puch Hole Display (Harga 1.199rb)


Untuk smartphone dengan penyimpanan 4GB/128GB, harga 1.199rb adalah harga yang kelewat murah menurut saya karena rata-rata dengan penyimpanan segini harganya diatas 1,4 jutaan. Diotaki Chipset UNISOC Tiger T606 membuat performa Infinix Smart 8 ini memiliki peforma yang teruji. Sebenarnya UNISOC Tiger T606 ini sudah digunakan dibeberapa smartphone seperti Samsung Galaxy A03 dan Realme Note 50 yang sebelumnya kita bahas.

Kelebihan lain yang dimiliki Infinix Smart 8 adalah kemampuan multi-tasking dimana ponsel ini sanggup menjalankan 11 aplikasi sekaligus. Satu lagi, Infinix Smart 8 terkenal juga dengan fitur Magic Ring nya, bahkan series ini adalah series perdana dari Infinix yang memiliki fitur ini. Magic Ring fungsinya sama dengan mini capsul di Realme Note 50 atau fitur dynamic island pada iPhone 14 series yaitu untuk menambah kesan interaktif dalam menampilkan informasi atau notif pada layar saat digunakan.

Desain kamera pada bagian belakang mirip dengan Realme Note 50 dan iPhone 14 Pro dimana terdapat 3 ring yang terdiri dari 2 kamera belakang dan satu lampu flash. Kamera belakang 13MP dengan kamera depth 0,3 MP. Dibagian depan, ada kamera 8 MP yang dilengkapi dengan lampu flash, sehingga bisa membantu kita untuk menambah pencahayaan saat selfie atau video call. Nah, untuk teman-teman yang selama ini mengorbankan salah satu SIM saat hendak memasang kartu microSD, maka sekarang tindakan ini tidak diperlukan lagi karena Infinix Smart 8 memiliki triple slot yang dapat menampung 2 kartu SIM dan satu kartu microSD sekaligus.

Dapatkan Harga Murah di  Shopee


5. Vivo Y02t Dynamic Design (Harga 1.109rb)


Sebelumnya saya juga sempat merekomendasikan handphone murah dari Vivo yaitu Vivo Y02. Masih seri yang sama, teman-teman juga bisa mempertimbangkan Vivo Y02t yang harganya sedikit lebih murah dibandingkan Y02. Meski harganya lebih murah, namun spek nya disinyalir lebih baik dari Y02. Pasti banyak yang penasaran apa perbedaan Vivo Y02 dan Vivo Y02t ini dan mengapa Vivo Y02t lebih baik.

Dari segi design kedua seri ini hampir terlihat hampir sama dan sulit untuk dibedakan. Ukurannya sama-sama 6,51” dengan  1 ring besar di bagian belakang dimana dalam ring ini terdapat satu kamera belakang dan 1 lampu flash. Untuk spek lainnya juga hampir sama. Yang paling membedakan adalah terkait dengan peforma dan penyimpanan.

Vivo Y02 hadir dengan chipset Helio P22 sementara Y02t ditenagai chipset sedikit diatasnya yaitu Helio P35. Jika Vivo Y02 memiliki ruang penyimpanan RAM 3GB, maka Vivo Y02t memiliki RAM 4GB. Tidak hanya RAM, penyimpanan internal Y02t juga 50% lebih besar yaitu 64GB sementara Y02 hanya 32GB. Jadi, kita yang butuh ruang penyimpanan lebih besar Y02t bisa menjadi pilihan yang tepat.

Dapatkan Harga Murah di  Shopee


Mungkin teman-teman ada yang tertarik salah satu dari sekian smartphone di atas. Untuk memudahkan teman-teman menemukan produknya di Shopee, maka saya berikan link di masing-masing produknya. Tidak perlu khawatir, karena toko yang saya rekomendasikan adalah Official Store nya langsung jadi sudah pasti aman dan 100% original tentunya.

Saya sendiri juga membeli smartphone secara online di Shopee karena sangat praktis sekali, trus  dapat potongan harga juga dari live atau Shopee Video. Hanya saja, untuk keamanan produk, jangan lupa menambahkan extra pengaman packaging seperti bubble warp atau kayu. Semoga Rekomendasi Smartphone Murah Dibawah1,2 Juta ini bisa membantu teman-teman menemukan produk yang cocok.  


NB: Segala informasi dari toko, apakah itu terkait rating, harga, jumlah produk, jumlah pengikut, dan lainnya bisa saja berubah sewaktu-waktu tergantung perkembangan dan kebijakan masing-masing toko. Untuk itu, jangan lupa kunjungi kembali toko yang bersangkutan untuk melihat update terbaru dari mereka.


 




EmoticonEmoticon