Jumat, 14 Juni 2024

Rekomendasi Laptop Gaming Untuk Pertempuran yang Lebih Seru

 


Siapa nih diantara teman-teman menjadikan laptop biasa yang kita gunakan bikin skripsi atau laporan excel untuk bermain game? Kalau iya, emang salah ya? Tidak salah dong. Kita bisa main game diperangkat apa aja, jangankan laptop, kita juga bisa bermain game di ponsel. Hanya saja, teman-teman yang ingin lebih serius menjadi gamers atau bahkan memiliki niat menjadi gamers professional maka wajib banget memiliki laptop gaming karena spesifikasinya telah dirancang sedemikian rupa untuk aktivitas gaming. Lagian, kasian juga ga sih, laptop biasa yang hardwarenya lemah dipaksa bermain game seharian, maka sudah pasti akan cepat rusak.

Jadi apa sih sebenarnya kelebihan laptop gaming dibanding laptop biasa?  Laptop gaming memiliki display yang beresolusi tinggi, refresh rate & response time lebih cepat, memiliki sistem pendingin yang lebih advance, RAM berkapasitas besar, dan yang paling penting komponen hardware nya  lebih powerful. Dengan kelebihan ini dan beberapa kelebihan lain yang mungkin belum sempat dimasukkan, kita bisa bermain game dengan nyaman dan berkualitas tanpa perlu takut laptop mati mendadak karena kepanasan, ngelag, atau kehabisan penyimpanan.

Diantara banyak merk laptop yang kita kenal saat ini, Acer menjadi salah satu merk yang memiliki banyak koleksi laptop gamingnya. Yang paling terkenal adalah seri Nitro, Predator Helio, dan Aspire. Tapi selain Acer, mungkin ada beberapa brand lain yang ada di list ini seperti Asus, Lenovo, dan Axioo.  Karena spesifikasinya lebih kompleks, maka laptop gaming memiliki harga lebih tinggi dibanding laptop biasa. Harga standar laptop gamer adalah 9-15jutaan. Duh, pengen beli tapi kok mahal banget ya. Jika uangnya belum cukup, maka bisa nabung terlebih dulu, lalu checkout disaat uangnya sudah terkumpul. Nah, berikut beberapa rekomendasi laptop gaming yang bisa kamu jadikan target untuk dibeli nantinya.

1. Acer Laptop Gaming Nitro V 15 (Harga 11jt-19jt)


Pertama, kita lihat dulu Nitro V15 dari Acer. Produk ini diluncurkan September 2023 silam dengan slogan “hidup demi kemenangan” yang juga menjadi tujuan utama dari para gamers tentunya. Mungkin ada yang sudah tau juga bahwa Acer juga mengumumkan kehadiran Nitro V16 bulan Desember di tahun yang sama dan bakal diluncurkan tahun depan di Amerika Utara, wilayah Eropa, Timur Tengah, dan Afrika. Namun untuk saat ini, kita hanya akan membahas tentang produk Nitro V15 ini karena cukup populer meskipun tergolong sebagai pendatang baru.

Berbicara soal peforma, Acer Nitro V 15 dirancang dengan sistem Operasi Windows 11 Home, prosesor Intel® Core™ generasi ke 13 dan Ram 32GBDDR5/ SSD 2TB yang memastikan penyimpanan dengan speed terkencang dan bergerak dalam kecepatan penuh saat bertempur. Performa ini dilengkapi dengan kartu grafis NVIDIA DLSS 3,5 GeForce RTX 40 series. Dengan tensor Cores generasi ke-4 dan optimal flow accelerator di GPU GeForce RTX 40 series, DLSS 3,5 memanfaatkan AI untuk menghasilkan frame tambahan berkualitas. NVIDIA Max-Q memiliki kemampuan AI yang mengoptimalkan sistem, laptop jadi superkencang, tipis, tidak bising, dan memiliki daya tahan baterai luar biasa.  

Mari kita lanjutkan ke display dan visual dari Nitro V15 ini. Kita mendapatkan display 15,6” dengan resolusi full HD, refresh rate 165 Hz secepat kilat dan rasio aspek 16:9 membuat kita seakan masuk ke dunia gaming. Laptop memiliki body tipis dengan ketebalan 23,5 MM dan berat 2,1 kg, bisa banget untuk dibawa-bawa kemanapun dan tetap terhubung karena ada Wifi 6 serta Gigabit Ethernet. Lebih penting lagi, Acer Nitro V 15 dilengkapi dengan dual-fan cooling sehingga laptop tetap dingin selama pertarungan sengit.

Duh, udah ga sabar ya pengen miliki Acer Nitro V 15 ini. Sebelum memilikinya, kamu kudu perlu memilih dulu dari beberapa tipe Nitro V 15 ini. Ada beberapa tipe dari laptop gaming ini, diantaranya yaitu ANV15-51-901S, ANV15-51-79Y1,ANV15-51-542G, dan ANV15-51-5115. Paling murah adalah tipe ANV15-51-542G yang dibrandrol dengan harga 11 jutaan. Untuk lebih lengkapnya mengenai spek masing-masing tipe Nitro V 15 ini bisa langsung melihatnya di spesifikasi saat melihat sebuah produk.

Saya juga memberikan link produk Nitro V 15 dibawah dari Official store Acer di Shopee agar teman-teman bisa lebih mudah menemukan produk original dan aman. Oh ya, sebagai tambahan, Nitro V 15 ini juga mendukung kebutuhan harian lain seperti kuliah atau pekerjaan kantor karena dilengkapi audio DTS X:ultra, Acer PurifiedView & PurifiedVoice, NitroSense, dan sistem operasi windows 11 Home terbaru, Microsoft office Home & student 2021.

Dapatkan Harga Murah di  Shopee 


2. Acer Predator Helios Neo 16 (Harga 19jt -25juta)


Predator Helios dianggap sebagai salah satu seri laptop gaming premium dari Acer. Sebenarnya ada dua jenis laptop predator Acer yaitu Helios dan Predator Triton, namun kali ini saya ingin membahas mengenai Predator Helios Neo 16 karena laptop ini memiliki perfoma super tangguh yang dibutuhkan gamers professional dan kreator. Memiliki prosesor Intel® Core™ i9 generasi ke -14 menjadikan laptop ini memiliki peforma setingkat lebih tinggi dibandingkan laptop gaming sebelumnya. Graphics Controller Model NVIDIA® GeForce RTX™ 40 series, laptop dapat melaju superkencang, peforma serta grafis berkemampuan AI spektakuler, pencahayaan realistis dengan ray tracing membuat sensasi dunia virtual yang detail dan nyata, tidak bising, dan memiliki daya tahan batrai luar biasa.

Pengguna Predator Helios Neo 16 siap-siap terkesan dengan layar luas 16, DCI-P3 menjamin warna cerah dan realistis, dan dibingkai oleh rasio aspek 16:10, refresh rate 240Hz yang super cepat, serta NVIDIA® G-SYNC untuk game yang mulus tanpa patah-patah. Bagian lebih penting, laptop ini dilengkapi teknologi 5th Gen AeroBlade ™ 3D Fan, antarmuka termal logam cair, dan pipa transfer panas sehingga performa tetap tangguh meski disaat terpanas sekalipun. Sama seperti halnya Nitro V 15, Predator Helios Neo 16 juga memiliki beberapa tipe dengan spesifikasi dan harga yang berbeda. Jadi, jangan lupa lihat lagi spesifikasi produk untuk tipe yang teman-teman pilih karena bisa saja berbeda dengan spesifikasi global ini.

Dapatkan Harga Murah di  Shopee 

3. Acer Aspire 7 A715-76G-54XS (Harga 10jt)


Teman-teman yang pengen laptop gaming Acer tapi budget minim, maka Aspire 7 ini bisa menjadi rekomendasi laptop gaming untuk kamu. Aspire memang menjadi laptop low budget dari Acer, bahkan ada yang harganya 4 jutaan. Namun, untuk game, Aspire 7 adalah pilihan yang tepat. Sesuai mottonya, kerja keras, main tetap jalan. Jadi, selain mendukung untuk bikin pekerjaan kuliah atau kantor, perangkat ini juga dirancang sebagai laptop gaming. Kita bisa mendapatkan perangkat ini dengan harga 10jt lho, terbilang murah untuk laptop gaming.

Aspire 7 mengusung sistem operasi windows 11 Home, prosesor Intel® Core™ generasi ke-12 terbaru dengan grafis NVIDIA® GeForce® GTX 1650 dengan 4GB memori khusus. Memory berkecepatan tinggi 8 GB SSD DDR4 ganda dan storage 512GB SSD. Display dengan layar 15,6” Full Hade dan refresh rate 144Hz.  Jika dilihat secara sekilas penampilan Aspire 7, tidak ada yang mengira bahwa ini adalah laptop gaming karena bodynya minimalis dan ringan, berbeda dengan laptop gaming pada umumnya yang lebih gahar, serta kental dengan warna dan ornament game. Poin plusnya, kita bisa membawa laptop ini ke kantor ataupun kampus tanpa menarik perhatian orang.

Dapatkan Harga Murah di  Shopee 


4. Axioo Pongo 725 (Harga 11jt)


Rekomendasi laptop gaming berikutnya adalah laptop gaming Axioo. Axioo memiliki Pongo sebagai laptop gaming pertama yang mereka luncurkan. Pongo yang berlogo kepala kera ini merepresentasikan ketangguhan dan sistem powerful yang dimiliki laptop ini. Ada beberapa tipe dari seri Pongo, namun disini kita akan membahas mengenai Pongo 725 karena harganya cukup miring dibanding tipe lain yang harganya 15jt an. Tapi bagi yang punya budget lebih boleh banget mengintip Pongo 760 Gen 2 i7 karena laptop gaming ini populer di series Pongo.

Okei, mari kita lihat spek dari Pongo 725 ini. Pongo 725 tampil dengan design tegas dan kokoh sama seperti laptop gaming pada umumnya. Layar Full HD 15,6 “ dan refresh rate 144 hz sehingga gambar mulus tanpa graphic patah-patah.  Perpaduan warna hitam dan merah untuk design Pongo sangat cocok untuk gamers berjiwa petualang dan ingin mengalahkan lawan setiap saat. Permukaan layar anti-glare sehingga nyaman karena minim pantulan cahaya. Dan, bagian yang juga hampir dimiliki setiap laptop gaming adalah backlit keyboard. Pongo 725 bahkan memiliki backlit keyboard dengan 15 warna. Duh, permainan bakal lebih seru ya pastinya.

Pongo 725 juga memiliki kunci peforma maksimal yaitu VGA NVIDIA RTX yang sudah didukung AI dengan klaim 5x lebih kuat dibanding VGA dikelasnya. Sementara itu, processornya didukung oleh Intel Core i7 12650H dengan penyimpanan RAM 512GB SSD 16GB. Meski begitu, kita juga masih bisa menambah RAM hingga 64GB. Laptop ini menggunakan dua buah kipas dan 4 heatpipe dengan heatsink yang menutup area CPU, GPU, VRM, dan VRAM. Tapi bagi beberapa orang, kipas Laptop Pongo 725 ini cukup bising.

Dapatkan Harga Murah di  Shopee 


5. Asus TUF Gaming F15 FX507ZC4 (Harga 11jt)


Sebagai rekomendasi laptop gaming terakhir, kita menyuguhkan Asus TUF Gaming F15 yang memiliki daya tahan luar biasa. Ini adalah laptop gaming low budget dari Asus TUF series. Bagi yang belum tau, TUF merupakan salah satu produk besutan Asus yang diperuntukkan untuk gaming, content creator, hingga live streaming. Sebenarnya ada satu lagi series dari Asus yang sering jadi bahan perbandingan yaitu seri ROG, namun kali ini kita hanya melihat TUF.  Ada beberapa tipe TUF yaitu TUF Gaming A15, F15, F16 yang harganya berkisar antara 11-15 juta. Sesuai judul, kita akan melihat bagaimana spesifikasi dari TUF Gaming F15 FX507ZC4 karena jenis ini cukup laris dipasaran.

Berbicara performa, TUF Gaming F15 FX507ZC4 tidak jauh berbeda dengan laptop gaming sebelumnya. Sistem Operasi Windows 11 Home, prosesor Intel® Core™ i5-12500H dengan penyimpanan 8GB DDR4/16GB DDR4 yang bisa diupgrade manual tentunya dan 512GB SSD. Performa ini dilengkapi dengan kartu grafis NVIDIA GeForce RTX yang membuat peforma super cepat dan rendering lebih baik. Dari segi tampilan, laptop gaming 15.6“ ini memiliki display FHD dengan refresh rate 144Hz dan anti-glare display. Tampilan gahar khas laptop gaming pada umumnya, dan backlit Chiclet keyboard yang membuat permainan semakin seru.

Dapatkan Harga Murah di  Shopee 


Produk dari brand Acer menang banyak di list ini karena produk Acer populer sekali dengan laptop gamingnya. Dan, berita gembiranya, Acer membuka toko di Shopee Mall dengan nama Acer Official Store, sehingga kita tidak perlu takut jika ingin membeli secara online. Teman-teman yang memiliki rekomendasi laptop gaming yang bagus lainnya boleh banget share di komentar. Silahkan, bagi teman-teman yang ingin membeli produk laptop gaming secara online bisa melalui link yang kami sisipkan di setiap produk karena sudah pasti original dan aman. Tapi perlu diperhatikan juga, karena ini barang elektronik yang mudah rusak dan harganya mahal, maka jangan lupa memesan kayu dan juga bubble wrap untuk keamanan packaging. Selain itu, kita juga bisa membeli asuransi pengiriman agar kita bisa meminta pertanggungjawaban seller jika terjadi kendala di pengiriman. Semoga rekomendasi laptop gaming ini bisa membantu teman-teman menemukan laptop yang cocok.



 


EmoticonEmoticon